Kamis, 26 Februari 2009

Warna Khas Logam Au dan Cu

Emas dan tembaga adalah dua logam yang bukan berwarna putih atau perak. Emas berwarna kuning mengkilap, sedangkan tembaga berwarna kuning kecoklatan/kuning kemerahan.

Berikut adalah penjelasan mengapa keduanya memiliki warna tersebut :

Emas (Au) bernomor atom 79. Artinya, emas mempunyai 79 proton pada intinya. Massa atom emas adalah 196,967 dan jari-jari atomnya 0,1442 nm. Perhitungan itu menarik karena lebih kecil dari perkiraan secara teori. Susunan elektron terluar di seputar inti emas didasarkan pada14 4f, 10 5d, dan 6s kulit elektron (rumusnya [Xe] 4f 14 5d 10 6s). Susunan elektron ini berkaitan dengan sifat warna kuning emas. Kemampuan menyerap cahaya pada panjang gelombang untuk menghasilkan warna emas yang khas terjadi karena transisi ikatan d yang melepaskan posisi di ikatan konduksi. Penambahan unsur-unsur campuran berdampak pada warna emas. Misalnya, penambahan unsur nikel atau paladium akan memutihkan emas.


Sedangkan warna khas pada tembaga (Cu) dikarenakan logam ini merefleksikan sinar warna merah dan jingga dalam spektrum cahaya.


Jadi dapat disimpulkan bahwa warna logam terbentuk berdasarkan transisi elektron diantara ikatan-ikatan energinya yang berhubungan dengan kemampuan suatu panjang gelombang untuk menyerap cahaya tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar